Jumat, 03 Mei 2013

Baitii Jannatii

Rumah, adalah tempat kita tinggal. Tempat kita bernaung, tempat kita berteduh. Selayaknya rumah membuat kita betah, nyaman dan tenteram tinggal di dalamnya.


Dalam hadist Nabi Sholalloohu 'alaihi wasallam bahkan ditegaskan bahwa "baitii jannatii", rumahku adalah surga bagiku. Memang seharusnya, rumah kita bisa memberikan ketenangan ketika kita di dalamnya, memberikan ketenteraman pada penghuninya. 

Kita bercanda dengan istri dan anak-anak kita, mengasuh anak-anak kita, mendidik dan membesarkan mereka. Semua akan berjalan dengan baik bila di dalam rumah kita terpancar cahaya ketenangan, ketenteraman dan keindahan. 

Rumah yang baik, rumah yang indah, sebagai cermin dari keluarga yang bahagia, membuat penghuninya betah, tenang, tenteram, damai dan nyaman, disebabkan dari banyak faktor. 




Salah satu faktor adalah bentuk, desain, dan tata ruang interiornya.
Rumah yang indah bentuknya, desainnya, dan tata ruang yang maksimal akan membuat nyaman penghuninya.
Desain yang lagi "ngetrend" saat ini adalah desain minimalis.
Desain ini cocok untuk bangunan yang tidak begitu besar, namun tetap kelihatan indah.

Bila kita menginginkan sebuah rumah, ada 2 jalan yang bisa kita ambil, yaitu dengan membeli jadi atau membuat/membangun sendiri. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan.
 Perbandingan kita membuat sendiri dengan membeli jadi adalah sbb.:

Beli Jadi
Kita bisa langsung tempati, tanpa harus menunggu proses pembangunannya, sehingga kita tidak perlu pusing-pusing dengan waktu, apalagi bagi yang sudah tak sabar ingin mempunyai tempat tinggal sendiri.
Lokasi biasanya strategis, bila itu adalah rumah di komplek perumahan, ditambah dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar